Korupsi Wakil Rakyat Sumatra Barat

Kasasi Kasus Korupsi 43 Mantan DPRD Sumatra Barat Ditolak

Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan 43 mantan anggota DPRD Sumatra Barat periode 1999-2004 dalam kasus korupsi APBD Sumbar 2002 sebesar Rp 5,9 miliar. Putusan yang diambil majelis hakim agung pimpinan Maman Suparman pada 2 Agustus 2005 lalu memperkuat vonis Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Agustus tahun lalu.

Namun hingga kini, Sabtu (13/8) Kejaksaan Tinggi Sumbar maupun anggota DPRD yang telah divonis itu belum menerima salinan keputusan MA. 

Penolakan kasasi MA itu memperkuat putusan Pengadilan Tinggi Sumatera Barat yang telah memvonis 3 mantan pimpinan DPRD Sumatra Barat yaitu mantan ketua Arwan Kasri, wakil Titi Nazif Lubuk dan Masfar Rasyid masing-masing 5 tahun penjara ditambah denda sebesar Rp 200 juta subsidair 4 bulan kurungan. Sedangkan 40 mantan anggota DPRD Sumatra Barat divonis 4 tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsidair 4 bulan kurungan.

Pengacara 43 pimpinan dan anggota dewan, Nudirman Munir yang dihubungi via telepon mengatakan, pihaknya belum menentukan langkah apa yang akan diambil, apakah mengajukan Peninjauan Kembali atau Grasi, karena belum menerima salinan putusan. Namun ia mengaku sudah mengambil ancang-ancang untuk mengajukan semua peluang hukum yang masih ada yaitu PK atau Grasi atau keduanya. “Kami berpendapat putusan MA keliru, karena tidak satupun undang-undang yang dilanggar anggota dewan, mereka kan menjalankan Perda,”katanya. ***

Febrianti, TEMPO Interaktif, Sabtu, 13 Agustus 2005 | 14:56 WIB

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: